1. Bagaimana seorang humas harus berperilaku terhadap diri sendiri dan publik internal/eksternal, yaitu bagaimana seorang humas memberikan pengarahan kepada seluruh anggota sekolah untuk ikut menjaga citra akan sekolahnya.
2. Melayani kesalahpahaman dengan memperhatikan kebenaran dengan komunikasi yang etis, benar, dan tepat. Dalam masalah ini humas harus menyakan kepada pihak-pihak yang melakukan tawuran apa yang menjadikan alasan mereka melakukan tawuran. Agar dapat ditemukan titik temu permasalahannya.
3. Tanggung jawab untuk setiap kegiatan, bagaimana tanggung jawab seorang humas dalam menangani masalah tersebut dan bagaimana cara mengembalikan citra posotif terhadap sekolah lagi.
Seiring dengan perkembangan jaman semua hal yang dibutuhkan siswa bisa deangan mudahnya diakses lewat internet. Bagaimana siswanya kalau nilai guru saat dilakukan pengerjaan soal lebih rendah daripada siswanya. Masyarakat akan kehilangan rasa percaya pada sekolah. Untuk itu peran humas disini sangat dibutuhkan untuk mengembalikan citra sekolah sesuai dengan prinsip TEAM WORK, diantaranya :
1. Together : dimana antara anggota satu dengan yang lain harus bisa saling kerjasama untuk dapat menghasilkan dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.
2. Maturity : saling dewasa dalam menghadapi permasalahan, bisa mengendalikan diri dari emosi sehingga dapat mengatasi masalah secara bersama – sama.
3. Wilingness : bekerja sesuai dengan aturan yang ada dalam organisasi dan sesuai dengan tugas serta kewajiban masing – masing anggota.
Humas harus menggunakan berbagai strategi profesional dalam membentuk relasi dengan pihak lain, diantaranya :
1. Interest : dalam arti humas harus menunjukkan adanya perhatian pada permasalahan ini dan menjalin hubungan yang baik dengan relasinya.
2. Memberi gambaran atau pandangan secara jelas : humas memberikan penjelasan akan masalah yang dihadapi dan membawa bukti akan kondisi sekolah.
3. Membuka jalan, memberi arah agar relasi kita mampu mengatasi masalah kita : bagaimana cara humas untuk meminta bantuan kepada relasi agar bisa membantu mengatasi maslah yang kita hadapi sekarang.
2. Memonitor, merekam dan mengevaluasi tanggapan dari masyarakat, baik itu cacian atau usulan harus ditanggapi dan diterima dengan baik.
3. Memperbaiki citra organisasi, bagaimana cara humas untuk mengembalikan rasa kepercayaan pada sekolah lagi.
4. Tanggung jawab sosial : bertanggung jawab terhadap semua kelompok baik masyarakat maupun pers yang berhak terhadap tanggung jawab tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar